Minggu, 20 November 2016

Wisata Alam Jawa Barat


Wisata Alam Situ Patengan (Patenggang) Bandung - yoshiewafa - Sebuah danau yang lokasinya berada di kawasan wisata alam Bandung Selatan,Jawa BaratIndonesia, lebih tepatnya di Ciwidey. Terletak pada ketinggian sekitar 1600 meter di atas permukaan air laut, danau ini mempunyai pemandangan alam yang sangat eksotik dan indah sekali.

Setelah sebelumnya saya menulis tentang Bumi Perkemahan Ranca Upas Bandung yang juga terdapat di salah satu objek wisata alam Bandung Selatan dan berbagai tempat wisata di ciwidey lainnya yang sudah saya ulas seperti Gunung Patuha Kawah Putih Ciwidey. Kali ini akuiniihsan.blogspot.co.id akan membahas tentang salah satu wisata alam di Ciwidey yaitu Situ Patenggang.

Legenda dan Mitos Situ Patenggang

Berdasarkan informasi yang berasal dari lokasi wisata, nama situ Patenggang adalah berasal dari bahasa Sunda, pateangan-teangan yang artinya saling mencari. Mengisahkan cinta antara Putra dari Prabu dan Putri dari titisan Dewi yang besar bersama dengan alam, yaitu ki Santang dan Dewi Rengganis.

Mereka terpisahkan untuk sekian lamanya. Karena rasa cintanya yang begitu mendalam, merekapun akhirnya saling mencari dan akhirnya bertemu kembali di sebuah tempat yang sampai sekarang dinamakan dengan "Batu Cinta". Dewi Rengganispun minta dibuatkan danau dan sebuah perahu untuk berlayar bersama. Perahu inilah yang kemudian dan sampai sekarang menjadi sebuah pulau yang berbentuk hati (Pulau Asmara /Pulau Sasaka). Menurut dari cerita ini, yang pernah singgah di batu cinta dan mengelilingi pulau asmara ini, akan senantiasa mendapatkan cinta yang abadi seperti cinta mereka.
Wisata Alam Situ Patengan (Patenggang) Bandung
Wisata Alam Situ Patengan (Patenggang) Bandung
Foto oleh : gonjangganjing.com

Selengkapnya di =>> ragamtempatwisata.com

0 komentar:

Posting Komentar